Jumat, 08 November 2013

MENARIKNYA LOMBA PENELITIAN BELIA SUMATERA UTARA (LPBSU) TAHUN 2013

Keramian terutama di Balai Citra, Tama dan Rama Hotel Tiara yang berada di Jalan Cut Meutia No. 1 Medan di lantai II sangat ramai oleh siswa SMP dan SMA. Keramaian ini karena siswa-siswa di pagi hari sangat disibukan dengan menempel poster sebagai syarat mengikuti babak selanjutnya dalam Lomba Penelitian Belia Sumatera Utara (LPBSU) Tahun 2013. Beberapa sekolah yang selalu ikut tetap meramaikan kegiatan ini apalagi beberapa sekolah yang pertama sekali mengikuti lomba penelitian ini bagi siswa yang berusia 14-18 tahun atau SMP-SMA.

Beberapa sekolah yang ikut seperti SMA Harapan 1 Medan, SMP-SMA Chandara Kusuma, SMA Methodits dan SMA Santho Thomas Medan, SMA Negeri 1, SMA Negeri 3, SMA Sultan Iskandar Muda, SMA Terpadu Al Ulum, SMA CTF, SMA DEL, SMA Plus Matauli, SMP Negeri 1 Tebing Tinggi dan beberapa sekolah lagi yang mengikuti lomba ini. Persaingan sangat terasa dari kehadiran siswa di sekolah sampai pada seleksi poster dan sebelum presentasi di depan juri. 

Penelitian ini dibagi menjadi bidang Matematika-Fisika-Komputer, Life Science, Enviromen Science. Kegiatan ini merupakan tahun ke 3 pelaksanaan ini diselenggarakan di tingkat Sumatera Utara dengan beberapa lembaga seperti Planet HijauBiotek, Surya University, dan CYS. Bagi yang juara akan dikirim mewakili Sumatera Utara untuk bersaing di Yogyakarta pada bulan november 2013. Jika berhasil untuk tingkat nasional maka siswa akan memasuki karantina untuk dipersiapkan lomba di tingkat internasional.

Menariknya lomba ini ialah banyak ide-ide baru yang unik, relevan, logis dan sebagainya sehingga layak untuk mendapatkan medali emas, perak, perunggu serta penghargaan khusus. Contoh penelitian yang menarik di bidang Enviromen Science dan mendapatkan emas yaitu Parfum dari kotoran kerbau siswa dari SMA Negeri 3 Medan. Mendali perak dari SMA Sultan Iskandar Muda yang meneliti tentang biogas yang berasal dari enceng gondok. Selain itu banyak juga beberapa karya hasil penelitian mendapatkan mendali di beberapa kategori yang ada. Ada juga siswa SMP membahas tentang tas anti maling dan mendapatkan mendali perak.

Seperti siswa dari SMA Negeri 1 Medan yang meneliti tentang 3G Hologram yang mendapatkan award for IT. Sedangkan dari SMA Harapan 1 Medan tentang Pemanfaatan Solar System sebagai Pengoperasian Traffic Light tidak mendapatkan mendali atau penghargaan. Namun yang banyak memborong prestasi ini ialah dari SMP-SMA Chandra Kusuma Deli Serdang dan SMA DEL Samosir.

Semoga penelitian ini akan semakin menarik kedepannya khususnya bagi siswa yang berusia 14-18 tahun atau SMP-SMA yang dapat mengikutinya. Apalagi penemu-penemu baru akan lahir dari kompetisi ini sehingga Inovasi untuk kemajuan Indonesia akan terus terwujud. 

Menarik bagi pembimbing untuk melakukan terbaik bagi siswanya untuk menjadi juara dengan hasil temuannya. Sedangkan untuk siswa sangat menarik karena apa yang ditemukan apa yang ada disekitarnya dan dilakukan pada usia yang relatif muda. Hari ini yang belia harus menyiapkan diri menuju masa depannya. Maka bangunlah saat ini untuk masa akan datang.


Catatan Perjalanan LPBSU Tahun 2013 dari Pembimbing
Terima kasih