Senin, 05 November 2018

KARYA INOVASI PEMBELAJARAN (INOBEL) GURU

Gelaran Lomba Inovasi Pembelajaran 2018 oleh Direktorat Pembinaan Guru SMA/SMK telah usai. Kategori untuk Madya dan Utama mempertemukan guru-guru berprestasi di berbagai jenis kompetisi yang saling berkolaborasi


Beberapa naskah lainnya dapat diunduh dibagian bawah ini:
1. Pengembangan Dream Book Berbasis Song sebagai Media Pembelajaran Materi Expressing Intention karya Rustiani Widiasih dari SMAN 1 Badegan  Kabupaten Ponorogo Provinsi Jawa Timur

Jenis penelitian yang digunakan Ibu Rustiani Widiasih ini yaitu Research and |Depelopment (R&D). Sebagai guru Bahasa Inggris terus berinovasi melakukan yang terbaik untuk pembelajarannya. Beliau pada inobel ini meraih Juara 3 untuk level Utama SMA.


Inovasi pembelajaran karya Bapak Budiyanto Soeryono diikut sertakan pada level utama. Fokus pada pengembangan media yang sesuai dengan jenis penelitian Research and Development (R&D). Pengembangan media dilakukan pada siswa kelas XII pada mata pelajaran Biologi.

3. Meningkatkan Hasil Belajar Geografi Siswa Kelas X IPS-4 SMAN 3 Palopo melalui Eksperimen Inovatif karya Mujahidin Agus dari SMAN 3 Palopo Provinsi Sulewesi Selatan.

Karya Bapak Mujahidin Agus merupakan karya berbentuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Bereksperimen melalui pemanfaatan media sederahana untuk mengetahui salinitas (kadar garam) dan arus laut. Ini karya meraih juara 2 inobel untuk level utama SMA. Sebagai seorang guru geografi, maka penelitian banyak dilakukan dengan eksperimen. Beliau di tahun 2016 merupakan juara 1 guru berprestasi di tingkat nasional. Usaha ini membuahkan hasil meraih juara 2 untuk bidang SMAN.  Untuk melihat naskahnya dapat mengunjungi blog beliau di http://jidint.blogspot.com

Semoga contoh naskah ini bermanfaat dan menjadi inspirasi pada guru lain untuk belajar dari kompetisi kesharlindung. Dari sini, semua bisa belajar untuk menjadi yang terbaik dan berkolaborasi untuk memperbaiki kekurangan yang terjadi.

Teruslah berinovasi dalam pembelajaran. Semua bernilai ibadah karena untuk dilakukan secara tulus untuk kemajuan negeri Indonesia.

#Berbagiituseru!

Medan, 05-11-2018