Minggu, 26 Mei 2013

Air sebagai Anugerah Bagi Kota Cimahi


Letak geografis yang strategis dan potensi Sumber Daya Alam (SDA) tertuang sesuai di logo Kota Cimahi dan slogannya "Saluyu Ngawangun Jati Mandiri" memberikan pengaruh besar pada pembangunan dan kemajuan kualitas penduduk dan wilayahnya. Kota Cimahi yang terdiri dari 3 kecamatan dan 15 kelurahan yang tersebar wilayah datarannya dari utara ke selatan di lereng Gunung Burangrang dan Gunung Tangkuban Perahu, serta dialiri oleh beberapa sungai utama dan anak sungai serta sumber mata air yang begitu besar. Hal ini menjadikannya sebagai wilayah dengan potensi yang besar dari topografi yang dapat dimanfaatkan untuk pertanian serta volume air yang besar dapat memenuhi kebutuhan air penduduk di Cimahi dan daerah sekitarnya.

Melimpahnya sumber mata air dan sungai/kali yang mengalir di Kota Cimahi memberikan dampak bagi perkembangan dan pertumbuhan di bidang pertanian, pariwisata dan ketersediaan energi air untuk listrik. Di bidang pertanian, selain dianugerahkan lahan yang subur dan air yang mengalir sepanjang tahun dapat mendukung ketersedian air untuk pertanian sehingga hasil produktifitas meningkat. Begitu juga di bidang pariwisata, maka aliran sungai ini dijadikan arena olahraga arung jeram bagi wisatawan lokal dan diluar daerah Cimahi juga sebagai sarana rekreasi akhir pekan. 


Sumber : 
http://bandung.panduanwisata.com/air-terjun-curug-cimahi/


Anugerah yang begitu besar untuk ketersediaan air juga, maka secara volume dapat dijadikan sumber energi listrik yang bisa dimanfaatkan secara lokal. Dengan demikian potensi air ini sebagai anugerah terbesar bagi Kota Cimahi untuk menunjang kesejahteraan penduduknya di bidang pertanian, pariwisata dan ketersedian energi. Ini tidak dimiliki oleh wilayah sekitar Kota Cimahi lainnya. Oleh karena itu lambang dari Kota Cimahi sangat sesuai dengan filosifi daerah ini. Selain itu akan menjadikan penduduk lokal menjadi masyarakat yang dapat hidup menyelaraskan kehidupan dengan alam karena dengan memanfaatkan air melalui aliran sungai tidak akan menggangu keadaan alam dari kerusakan. Demikian juga penduduk akan bisa mendapatkan pekerjaan dari pariwisata karena menjadi pemandu dan menjual hasil kerajinan untuk wisatawan lokal atau domestik sehingga tidak perlu melakukan untuk merantau mencari penghidupan diluar kota, karena potensi sudah mendukung untuk kemajuan. 
Sumber :
http://www.bisnis-jabar.com/index.php/berita/4-sungai-cimahi-dipasangi-sensor-permukaan-air
Selain itu penduduk setempat dapat menjaga ketersediaan volume air karena air sebagai anugerah dari Allah SWT akan mempengaruhi ketersediaan  listrik untuk kebutuhan rumah tangganya. Air juga menjadi sumber air mineral yang dapat di komersilkan yang tidak mengubah kondisi alam yang dikelola oleh PDAM. Air dan lahan yang subur menjadi satu kesatuan bagi kemandirian penduduk. Kesejahteraan, kemakmuran dan keadilan yang merata bagi penduduk Kota Cimahi akan dapat terwujud jika penduduk dengan potensi yang berlimpah melakukan secara bergotong royong, bahu membahu, selaras dengan alam sehingga dapat membangun citra diri dan akan menjadi kota yang produktif. Otonomi Daerah memberikan kesempatan besar bagi daerah untuk mengeloa potensinya untuk mensejahterakan, meningkatkan taraf sejahtera dan kualitas pendidikan, kesehatan yang tinggi.

Wilayah yang dikelilingi dengan lahan yang subur dan aliran sungai yang memiliki volume besar akan memberikan daya tarik bagi investor untuk turut membantu percepatan pembangunan. Selain karena statusnya sebagai kota administratif akan menjadi daya tarik bagi daerah sekitar yang masih berstatus kabupaten untuk mencontoh dan belajar dari pengelolaan yang baik untuk kemajuan suatu daerah. 

Selain itu juga, anugerah air ini akan berpengaruh negatif jika kelestarian dan keberadaannya tidak dijaga, maka bahaya selalu datang dimana dan kapan saja. Pelestarian dan penjagaan ini dapat dilakukan dengan berbagai cara misalnya menjaga kualitas air dan volume airnya. Jika tak dijaga maka banjir akan menghancurkan pertanian dan pemukiman penduduk. 

Untuk itu ketersedian air akan menjadikan Kota Cimahi menjadi sumber kemakmuran, kesejahteraan dan keadilan serta berimbas/berdampak bagi kemajuan daerah sekitar. Maka Air harus tetap menjadi Anugerah Terbesar bagi Kota Cimahi untuk mendukung kemajuannya. Semoga filosofi logo, slogan akan tercapai dengan visi, misi rencana stragis yang dilakukan oleh Walikota dan Wakil Walikota menjadi kota Mandiri yang selaras dengan kehidupan alam, penduduk, daerah sekitarnya.

*Tulisan ini diikutkan ke dalam lomba Cimahi Blog Competition.