Selasa, 22 Januari 2013

Surat Kabar Terbitan Hari ini Jadi Media Pembelajaran Esok Hari

Berlangganan surat kabar terbitan nasional, banyak keuntungannya bagi yang hobi membaca untuk mendapatkan informasi terkini dan tingkat keilmiahannya sangat tinggi. Berlangganan surat kabar ini dimulai bulan ini yang diantar ke rumah setelah lama berhenti berlangganan semenjak akan menikah di tahun 2011. Kebiasaan membaca dari halaman belakang memberikan suasana berbeda dari pembaca biasanya. Karena dibagian belakang biasanya banyak memuat informasi dan iklan yang penting didapatkan dan sifatnya ringan dibandingkan dibagian awal surat kabar tersebut.

Setelah membaca sekian lama surat kabar ini dimalam ini, saya mendapatkan topik yang sedang menarik dari kejadian bencana banjir yang melanda DKI Jakarta dan sekitarnya. Setelah melihat rubrik IPTEK terdapat bahasan surat kabar tersebut yang terkait dengan materi pembelajaran geografi di kelas XI IPS untuk semester II ini. Materi tersebut adalah Sumber Daya Alam dan Lingkungan Hidup. Dibaca secara cermat dan dipotong gunakan cutter dan rencana esok hari akan di foto copy dan dibagiakan ke siswa bertepatan les mengajar ada di kelas XI IPS. 


Bahasan ini akan menjadi materi diskusi, karena sesuai dengan materi dan metode yang ada di RPP. Alangkah senangnya saya dan berharap siswa akan termotivasi untuk membahasa materi ini. Selain terkait di materi juga akan mengali pengetahuan dan tingkat keingintahuan tentang materi sangat tinggi. Diungkpan tentang masalah, realita di masyarakat dan solusi yang ada.

Selain itu juga didapatkan materi tentang SDA pada pembahasan Minyak Bumi dan Gas dihalaman berikutnya. Begitu lengkap isi dari surat kabar ini pada hari ini untuk dijadikan materi esok hari. Guru harus memfasilitasi siswa untuk belajar dalam mencapai tingkat berfikir yang tinggi dan dapat mengambil keputusan bagi permasalahan yang ada disekelilingnya. 

Alangkah bahagianya, ketika membaca akan membuka ide baru dalam mengajar yang kreatif, menyenangkan,, bermanfaat kekinian. Semoga ini menjadi media pembelajaran esok hari yang efektif dan efisien bagi siswaku.

Semoga berhasil mencapai untuk mencerdaskan kehidupan bangsa. Amin


Wassalam

Sofyanto