Senin, 05 November 2018

STRATEGI DAN EVALUASI IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013

Implementasi Kurikulum 2013 di sekolah sudah berlangsung. Beberapa sekolah sudah menerapkan dari pada Tahun Pelajaran 2013-2014 sampai saat ini. Pada Tahun Pelajaran 2018-2019 masih ada sekolah yang baru melaksanakannya. 

Implementasi dilaksanakan secara bertahap sesuai dengan kesiapan sekolah masing-masing. Di tahun 2018 ini semua sekolah sudah wajib melaksanakannya dimulai dari jenjang SD/MI, SMP/MTs, SMA/SMK/MA dan dimulai dari tingkatan terendah.

Beberapa kegiatan disinergikan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan bersama UPT PPPPTK, LPMP dan Dinas Pendidikan sebagai teknis pelaksanaanya. Guru dilatih sebagai Instruktur Nasional, Instruktur Provinsi, Instruktur Kabupaten/Kota sampai pada guru sasaran. Strategi implementasinya secara nasional sama namun beberapa sekolah sebagai pelaksana berbeda cara pandangnya. Ini terlihat adanya perbedaan memahami beberapa bagian dari Kurikulum 2013 itu sendiri.

Direktorat Pembinaan SMA  melaksanakan beberapa kegiatan untuk mengimplementasikan secara menyeluruh. Beberapa kegiatan workshop dan evaluasi dilakukan. Dibawah ini beberapa bahan yang diperoleh guru saat mengikuti kegiatan di Direktorat PSMA. File ini semoga berguna untuk di terapkan dengan strategi dan evaluasi yang sudah dilakukannya.

Strategi Implementasi Kurikulum 2013
Evaluasi Implementasi Kurikulum 2013

Semoga file ini bermanfaat bagi kemajuan pendidikan di Indonesia. Pelaksanaan secara menyeluruh dan berkesinambungan akan terbentuk generasi emas 2045. Mendapatkan gratis maka dibagikan secara gratis pula.

#Berbagiituseru!

Medan, 05-11-2018