Senin, 05 November 2018

SOAL HOTS GEOGRAFI

Pembelajaran harus HOTS, soal wajib HOTS dan semuanya terkait HOTS. Guru dan siswa jadi bingung. Sebenarnya, apa, bagaimana, dan manfaat HOTS seperti apa sih.

Berbagai sumber di kegiatan Workshop Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Pelatihan Kurikulum 2013, Pelatihan Peningkatan Kompetensi Guru dan berbagai ajang lainnya sering diungkapkan HOTS. Di beberapa group aplikasi whatsapp beredar beberapa file yang membahas kajian ini termasuk di beberapa situs internet.



 HOTS ini berhubungan dengan perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran dan penilaian yang dilakukan. Ini merupakan bagian dari pembelajaran Abad 21.

Menyusun pembelajaran dan penulisan soal Higher Order Thinking Skills (HOTS) tidaklah mudah. Bisa dilakukan jika memahami langkah-langkah penyusunannya. Beberapa panduan penulisan soal yang sesuai kriteria HOTS dan bukan LOTS membutuhkan literasi dasar yang mumpuni. Kemampuan penguasaan materi, indikator pencapaian kompetensi dan tingkatan berbagai level yang ada akan memperlancar penulisannya dalam waktu relatif singkat. 

Untuk beberapa bahan untuk penulisan soal ini dapat diunduh dari beberapa file pendukung dibawah ini dengan mengklik tautan yang ada.

Terima kasih untuk kunjungan di blog ini. Semoga bermanfaat

Ingin file yang dimiliki dapat bermanfaat lebih banyak, dan di unggah di blog ini, dapat mengirimkan filenya ke sofyan_line@yahoo.com atau 085763642244

Terima kasih untuk kerjasamanya 


Medan, 05-11-2018