Senin, 14 Maret 2016

SISWA SMAN 15 MEDAN JUARA OPSI BIDANG IPS KOTA MEDAN TAHUN 2016

Prestasi siswa SMA Negeri 15 Medan di tahun 2016 bertambah lagi. Faisal Rais dan Janwandri Rizky Pratama Sembiring Kelas XI IPA-1 menjadi Juara 1 pada Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia (OPSI) Bidang IPS yang diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan Kota Medan Tahun 2016 pada 10-13 Maret 2016 di Asrama Haji P. Masyur Medan.  Prestasi yang diraih ini merupakan mempertahankan prestasi SMA Negeri 15 Medan karena pada tahun 2015 juga menjadi juara 1 Bidang IPS dan Harapan 2 Bidang IPA. 

Persiapan yang begitu sempit, tidak memudarkan motivasi untuk terus meraih prestasi. Faisal dan Janwandri yang mengangkat Judul Penelitian: Ornamen Menuju Pelestarian Rumah Adat Siwalu Jabu Batak Karo. Pada presentasi di 10 besar, banyak kritik dan saran yang disampaikan dewan juri dan pada akhir kegiatan di hari kedua pengumuman finalis 5 besar diumumkan dan meraih peringkat ke 1. Untuk presentasi di 5 besar, maka dibantu oleh tim-tim yang kalah yang berasal dari SMA Negeri 15 Medan mengerjakan ornamen rumah sampai larut malam untuk menjadi yang terbaik. Pada akhir presentasi, karya berbentuk ornamen rumah Batak Karo diminta juri dan panitia sebagai arsipnya. Pada pengumuman akhir untuk seluruh peserta, tetap menjadi yang terbaik. Ini dilihat dari banyaknya pertanyaan dari juri, semuanya dapat dijawab sehingga juri terkagum terhadap penelitian ini. Syukur kepada Allah SWT dan teman-teman yang turut membantu karya penelitian ini, begitu ucap Faisal dan Janwandri.

Selain itu juga, Muhammad Rizqi dan Nurzafira Eriza juga menjadi juara 2 Bidang IPS dengan Judul penelitian Steak Arsik sebagai Identitas Suku Batak Toba untuk Pariwisata Kabupaten Samosir. Pada presentasi akhir di 5 besar, arsik berbentuk steak ini disajikan oleh Acek begitu panggilan M. Rizqi dan Nurzafira Eriza (yaya). Karya ini dibuat bersama orang tua yang ikut membantu steak dari arsik ikan emas ini. Yaya yang sakit sejak jum'at dan pada hari sabtu juga masih sakit sehingga sedikit mengurangi dalam presentasi. Walaupun demikian, motivasi dan semangat untuk berprestasi dimiliki ke ketua siswa ini.

Siswa-siswa yang juara ini tergabung pada Kelompok Ilmiah Remaja (KIR) SMA Negeri 15 Medan.

Juri yang berasal dari Dosen-dosen Universitas Sumatera Utara merupakan juri yang banyak memberikan kritik juga saran kepada suluruh peserta. Juri sebelum menyeleksi penelitian siswa, juga diberikan kiat-kiat dalam penelitian bagi peserta termasuk guru pembimbing yang hadir pada kegiatan tersebut.

Sekolah-sekolah yang Juara:


Bidang IPA
Harapan 1: SMA Negeri 5 Medan



Bidang IPS
Harapan 2: SMA Negeri 1 Medan

Tim OPSI SMA Negeri 15 Medan