Kamis, 11 April 2013

OLIMPIADE MAHASISWA GEOGRAFI (OMG) I UNIMED TAHUN 2013

Penyelenggaraan Olimpiade Mahasiswa Geografi (OMG) I Universitas Negeri Medan Tahun 2013 merupakan kompetisi khusus mahasiswa Jurusan Pendidikan Geografi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan sebagai bentuk persiapan untuk menghadapi Olimpiade Mahasiswa Geografi yang diselenggarakan oleh Fak. Geografi UGM Tahun 2013. Untuk tahun 2012 di UGM sudah dilaksankanan dengan persyaratan untuk membuat karya tulis ilmiah. Untuk itu Dosen (Darwin P. Lubis, S.Si, M.Si, Mahasiswa (Adon, Harry, Nazar, Lidya) dan Alumni (Sofyanto) dengan cepat bergerak peluang yang ada.

Persiapan kompetisi pun mulai dilakukan, melalui sebar brosur, spanduk dan formulir, membuka pendaftaran di Lt. I Jurusan Pendidikan Geografi untuk merektrut peserta. Panitia dari mahasiswa menyiapkan segala hal dan termasuk hadiah yang akan dipersiapkan. Pelaksanaan ini dilaksanakan dengan dua tahapan (tahap I: tes dengan mengerjakan 100 soal pilihan berganda dan tahap II: presentasi artikel). Untuk tahap pertama ada 67 peserta dan 10 mahasiswa yang terpilih untuk masuk tahap II (Grand Final). Tahap I dilaksankan pada tanggal 14 Desember 2012 dengan mengerjakan 100 soal. Dari seluruh peserta, maka pengumuman diumumkan oleh panitia pada malam harinya di http://sofyanto-medan.blogspot.com dan bagi 10 peserta masuk ke tahap II untuk menyiapkan artikel dengan ketentuan yang ada. Selain membuat artikel, finalis juga mengirimkan artikel ke email : sofyan_line@yahoo.com. Namun karena beberapa pertimbangan untuk Tahap II dilakukan pengunduran pelaksanaan. 

Karena ada rangkaian acara Dies Natalis Jurusan Pend. Geografi FIS Unimed, maka persentasi Tahap II dilasanakan sebagai satu rangkaian kegiatan ini. 
Panitia, Moderator, Dosen, Finalis OMG Unimed Tahun 2013

Kegiatan ini berlangsung ketat dari seluruh finalis, namun banyak kritik dan saran yang diberkan oleh Dewan Juri (Drs. W. Lumbantoruan, M.Si., Darwin Siregar, S.Si., M.Si., Ridho S.Pi., M.Si) seperti pembuatan artikel tidak sesuai dengan kriteria yang dibuat, selain itu juga bentuk presentasinya yang tidak optimal. Selain itu ada beberapa artikel yang baik dari segi ide namun kurang maksimal dalam pembahasan. Setelah melakukan seleksi Tahap II ini, maka dipilih Juara 1-3 dan Harapan 1 - 3. The Best Articel dan The Best Perpormance. 

Presentasi Artikel dari Finalis Elsa Ridiza (Juara I dan The Best Performance)

Suluruh finalis mendapatkan bingkisan dan sertifikat, sedangkan yang juara mendapatkan Hadiah berupa uang pembinaan, tropy dan sertifikat. Urutan Pemenang :
1. Elsa Ridiza (NP. 005) Nilai 251 (Juara I dan The Best Performance)
2. Jontri H. Sarumpaet (NP. 022) Nilai 241
3. Parlin H. Putra Pasaribu (NP. 021) Nilai 235
4. Tio Hutahaean (NP. 012) Nilai 212
5. Wanhar Apriyadi (NP. 034) Nilai 209 (The Best Articel)
6. M. Rizkiansyah Nst (NP. 019) Nilai 206
7. Leo Anju Aritonang (NP. 013) Nilai 205
8. Nadia Wardani (NP. 017) Nilai 193
9. Wahyu Arif R. Nst (NP. 002) Nilai 190
10. Yeyen Wulandari Lubis (NP. 009) Nilai 181

Pemenang ini akan terus berkarya sesuai dengan bakatnya dan mengembangkan Keilmuan Geografi dengan menulis. Melakukan tindak lanjut bagi pemenang untuk persiapan berlomba pada kompetisi geografi tingkat nasional khusus mahasiswa yang dibimbing khusus oleh dosen-dosen Jurusan Pend. Geografi FIS Unimed.

Olimpiade Mahasiswa Geografi (OMG) I Unimed yang diselenggarakan pada Tanggal 14 Desember 2012 dan 6 April 2013, merupakan kompetisi PERTAMA untuk kategori mahasiswa di lingkungan Universitas Negeri Medan. Pada umumnya kompetisi hanya fokus pada karya ilmiah untuk mahasiswa seperti PKM, Mawapres, LKTI, dan kompetisi yang dibuat oleh mahasiswa/pihak kampus yang melibatkan siswa/i SD/SMP/SMA seperti olimpiade. Kali ini langkah lebih maju dibuat oleh Jurusan Pendidikan Geografi FIS Unimed dengan menyelenggarakan OMG I ini lebih menekankan pada kompetisi pada mahasiswa pada kemampuan kognitif (tes soal) dan psikomotorik (pembuatan artikel). 
 
 Mahasiswa geografi harus berjaya dan semboyan yang selalu di kibarkan HIJAU BUMIKU, BIRU LANGITKU.