Selasa, 02 Oktober 2012

CLIMATE - SMART LEADERS FOR SUSTAINABLE CITIES


Climate-Smart Leaders for Sustainable Cities

Climate-smart leaders adalah program yang ditujukan bagi kaum muda (usia 15-24 tahun) yang punya gagasan dan ide kreatif untuk menjawab tantangan pembangunan berkelanjutan, khususnya masalah perubahan iklim. Program ini diselenggarakan oleh Yayasan Pembangunan Berkelanjutan sebagai ajang bagi kaum muda untuk mewujudkan ide-ide kreatif mereka menjadi aksi nyata sebagai solusi untuk memperbaiki kualitas alam dan kualitas hidup manusia.
Tahun ini, fokus tema yang diangkat adalah kota yang berkelanjutan atau sustainable cities.
Kota, dengan segudang kesempatan memiliki daya tarik tersendiri bagi masyarakat. Saat ini diperkirakan jumlah penduduk kota di seluruh dunia meningkat 60 juta orang setiap tahunnya. Diperkirakan, pada pertengahan abad 21 jumlah penduduk kota akan dua kali lebih besar dari sekitar 3,4 milyar orang pada tahun 2009 menjadi 6,4 milyar pada tahun 2050 dan pertumbuhan paling besar akan terjadi di negara berkembang, termasuk Indonesia. Sumber (WHO, Global Helath Observatory).
Di balik kesempatan dan harapan akan hidup yang lebih baik, seperti akses yang lebih baik, kesempatan kerja yang tinggi, hiburan yang beragam, dan daya tarik lainnya, kota menyimpan berbagai permasalahan yang harus segera diatasi; persoalan tata kota, akses air bersih dan sanitasi, pendidikan, kesehatan, kualitas lingkungan, transportasi, gaya hidup, kemiskinan, dll. Terjadinya perubahan iklim yang mempengaruhi semua aspek kehidupan di perkotaan seperti pangan, kesehatan, lingkungan, dll juga harus segera diatasi.
Dibutuhkan ide-ide kreatif dan energi baru yang positif untuk memperbaiki situasi yang sangat rumit ini. Kaum muda, sebagai bagian penting dari kota adalah salah satu aktor kunci yang menentukan ke mana arah pembangunan di perkotaan dan bagaimana pembangunan tersebut dilaksanakan.
Kaum muda, yang enerjik, bersemangat, dan punya kemauan belajar berhak dan mempunyai kesempatan untuk mendapatkan masa depan yang lebih baik, tidak hanya mewarisi planet ini seperti apa yang diwariskan oleh generasi sebelumnya.
Climate Smart Leaders for Sustainable Cities mengundang kaum muda (usia 15-24 tahun) untuk mengirimkan ide/ gagasan/ produk/ inisiatif yang mampu menjawab tantangan pembangunan bekelanjutan, khususnya masalah perubahan iklim di perkotaan. Silakan unduh formulir pendaftaran di http://www.climatesmartleaders.net/formulir-pendaftaran2012 dan kirimkan paling lambat tanggal 14 Oktober 2012 (cap pos). Akan dipilih 24 orang finalis untuk mengikuti rangkaian program CSL 2012. Pemenang dari program ini akan mendapatkan hadiah berupa seed fund untuk pengembangan proyek dan Piala Penghargaan Emil Salim Bagi Generasi Muda.

Informasi lebih lanjut silakan kunjungi www.climatesmartleaders.net