Kamis, 23 Agustus 2018

GUGEL & 23 IS GEO



Penulis            : Dimas Bayu Perdana Putra, Kelvin Yusuf, Mukarrama Ismail, dkk 
Editor              : Kartika Manalu & Sofyanto
Tata Bahasa   : Abdus Salam
Tata Letak      : Sri Restu Wahyuningsih
Sampul            : Muhammad Irwan Nst 

Diterbitkan Oleh: 
PT Adhi Sarana Nusantara
Jl. Ulujami Raya no 2 Perdatam Jakarta Selatan. 0852-1225-3539 E-mail: mer.c.publishing@gmail.com. www.mer-c-publishing.com 

 Cetakan 1, Mei 2018. Jakarta, Mer-C Publishing, 2018. xxii+ 219; 14 x 21 cm. ISBN:  978-602-52183-0-9


Kisah berbagi pengalaman dapat dinikmati bersama sehingga menjadi inspirasi. Komitmen dan kepercayaan bersama sesama anggota pada WAG dapat membuahkan hasil yang tak terduga. Semua itu tanpa tatap muka dan hasilnya mengerakan dunia geografi.
Berkarya bersama pada program gugel (guru geografi menulis (gugel) se Indonesia menjadi bagian dari gerakan literasi nasional (GLN) yang diprogramkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI. Gugel tersinergi dengan GLN yang begitu indah untuk kolaboratif di zaman milenial.
Sampai saat ini gugel telah ada 3 karya guru-guru geografi se Indonesia yang terISBN-kan. Kisah-kisah yang pernah dialami penulis sangat penting untuk didokumentasikan karena dapat memberikan inspirasi bagi pembacanya. Menjadi bagian dari bukabe (buku karya bersama) akan menjadi hebat dan bermakna karena semuanya dilakukan secara bergotong royong dengan memanfaatkan Whatsapp. 
Perjalanan dari karya ke 3 gugel begitu panjang untuk terlewatkan dari setiap langkahnya. Membuahkan hasil nyata menjadi tinta emas bagi masing-masing penulis.  Keceriahan, kebahagian, keseriusan, komitmen, dan apapun yang ada pada diri penulis tak ternilai harganya.
Upaya yang dilakukan untuk gugel 1  pada bukabe dengan judul Mutiara Khatulistiwa: Kisah Inspiratif Guru Geografi Indonesia. Ada 32 guru geografi berkontribusi dengan berbagai tema. Bermitra untuk menerbitkannya dengan Ae Publishing Malang sebagai langkah awalanya. Gugel 1 diluncurkan di UGM Yogyakarta pada 17 Januari 2018 pada acara Olimpiade Geografi Nasional. Diacara tersebut juga dilakukan penjualan di stand pameran pada Expo Olgenas UGM 2018.

Gugel 2 dengan judul Kelas Milenial Geografi yang didalamnya ada 25 ide dari penulis tentang pembelajaran yang dibagi menjadi 4 bagian yaitu Geoinovasi, Uji Kompetensi, Strategi & Model, Media. Diterbitkan di Penerbit One Peach Media Jakarta. Inilah buku yang sekarang ada pada pembaca saat ini sebagai karya gugel 2.

Gugel 3 mengkisahkan tentang 23 IS Geo:  Kisah Petualangan Eksplorasi Wisata Pesona Indonesia. Buku ini di terbitkan oleh ASN Media sebagai bagian dari Mer-C Publishing Group Jakarta dengan 23 kontributor penulis. Pada buku ini terdapat beberapa selayang pandang diantaraya:
  • Prof. Raldi Hendro Koestoer, M.Sc., Ph.D (Staf Ahli Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian RI & Dosen Universitas Indonesia)
  • Dr. Restu, MS (Wakil Rektor II Universitas Negeri Medan)
  • Andik Suwastono, M.Pd (Widyaiswara Mapel Geogafi P4TK PKn & IPS Malang)
  • Drs. Yusuf Suharto, M.Pd (Dosen Geografi Universitas Negeri (UM) Malang)
 Isi buku dibagi menjadi beberapa bagian yaitu:

yuk berwisata
Memoles Pantai Toroanku – Dimas Bayu Perdana Putra
Studi Wisata– Iswahyudiharto
Efek Wisataku– Saleh Arifin Ritonga
Ikut – Sofyanto

anugerah negeri
Wao, Ada Bukit Teletubbies – Citra Dewy 
Yuk, Ke Negeri Syurga di Ranah Minang– Desi Asmara 
Berendam di Air – Muhammad Yasir 
Lukisan Hidup Tuhan – Mukarrma Ismail 
Petualangan Kreatif – Risnani
Nikmati Indahnya Negeri di Atas Angin –Sri Retu Wahyuningsih
Blind Travelling – Wahyu Framadani Rambe

eksplorasi litosfer
 Api Goa Lebar Camplong - Abdus Salam
Jelajahi Gunung Kelud – Ai Titin
Menelusuri Gunung Api Purba Nglanggeran – Dony Purnomo
Ketetep Pass Magelang  - Muh Khamid
Menelusuri Bisikan Alamku -  Roma Mastaida Manalu
Tapak Tilas Bekas Tambang di Bukit Jaddih –Tjatur Rosediany


sepanjang pantai

Mandalika Yang Eksotik – Baiq Husnul Faizah
Jakarta: Kepuauan yang Terlupakan – Kelvin Yusuf
Menikmati Panasnya Pantai Putra Deli – M. Irwan Nst
Pasir Kuning yang Eksotis di P. Bangka – Romlah
mangrove impian
 Langkahkan Kaki ke Pantai Berlumbur di Kota Angin – Dwi Ambarwati
Jakarta Punya Mangrove Lho – Iis Eridah

 

Membaca secara perlahan buku 23 IS Geo di sore hari akan lebih nikmat, apalagi ditemani dengan segelas kopi. Membaca berulang-ulang akan tidak akan pernah membosankan dan bahkan ingin mengunjungi objek wisata tersebut. Berbagai informasi dan ilmu petualangan berwisata dalam pengelolaannya dan kepedulian terhadap lingkungan disajikan oleh di buku ini.
Keseluruhan gugel 1, 2 dan 3 terdapat 80 naskah karya guru dengan melibatkan 48 guru sebagai penulisnya. Semoga yang dilakukan memberi inspirasi bagi pembacanya khususnya calon/guru, dosen, praktisi, akademisi, biro perjalanan di Indonesia. Semoga keikhaskan atas kebaikan dan ide penulis membuahkan hasil pada kegiatan literasi dan membumikan geografi di Indonesia. Menggelorakan geografi untuk semuanya sehingga Indonesia mampu menjadi bangsa yang cerdas, adil, makmur dan bermartabat. Melalui buku 23 Is Geo menjadi bagian dari promosi wisata Indonesia sebagai pengembangan ekonomi kreatif berbasis kegeografian.
Bersyukur, kepedulian untuk melestarikan wisata untuk saling mengkuatkan, memotivasi. Kisah petualangan memberikan inspirasi sehingga layak untuk dibagi. Terima kasih untuk saran yang diberikan terhadap bukabe gugel 1, 2 dan 3. Semoga keberkahan dan keridhoan-Nya selalu ada pada kita semua.
“Mensyukuri dengan Peduli & Berbagi Kisah dengan kebersamaan”


Medan, 23 Agustus 2018