Sirene
berbunyi, menandakan siswa dan guru dapat memulai kegiatan belajar
pembelajaran yang dimulai pada jam 07.30 WIB. Guru-guru mulai berjalan
perlahan memasuki ruang belajar dan siswa masih sebagian duduk-duduk di
depan kelas dan ada siswa yang siap untuk belajar menunggu kehadirannya
di dalam kelas. Begitu juga saya yang memasuki ruang belajar di kelas X
(sepuluh) yang berada di kelas paling belakang dan ujung dari segala
sisi areal sekolah ini.
Ketika memasuki ruangan, siswa sebagian
keluar dan meminta ijin membeli kertas double folio, padahal setiap kali
ulangan saya tidak menggunakan kerta double folio melainkan kertas yang
ada pada siswa. Karena ulangan hari ini saya buat berbeda dari tahun
pelajaran sebelumnya yang biasanya menggunakan kertas HVS yang berisi
soal-soal pilihan berganda. Saat ini saya berlakukan ulangan hariannya
berbentuk uraian karena dari ingin melihat tingkat ketercapaian dalam
belajar siswa untuk SK/KD pertama. Sebelum melakukan ulangan harian,
maka pemeriksaan jawaban siswa di LKS dilakukan secara bersama-sama guru
dan siswa untuk mengetahui pemahamannya apakah benar atau salah yang
dijawabnya sehingga dapat memunculkan diskusi kecil di ruang kelas.
Saat
pemeriksaan, terdapat siswa yang tidak membawa persyaratan ketika
belajar dengan saya, yaitu membawa stabilo untuk menyelesaikan pilihan
jawabannya dengan stabilo. Ini digunakan untuk mengingatkan siswa untuk
teliti dan mudah diperiksa karena stabilo berwarna sehingga mudah
didapatkan jawabannya saat diperiksa. Namun beberapa siswa tidak
melakukannya saat menyelesaikan soal-soal tersebut. Selain itu juga
banyak siswa yang tidak menyelesaikan pekerjaan rumah ini, padahal saya
berikan saat LKS ini pertama sekali dibagikan sekitar 5 minggu lalu.
Saya akan meminta siswa mengumpulkan LKS dan pemeriksaan dilakukan
langsung di tempat agar dapat menilai siswa yang benar-benar mengerjakan
di luar jam sekolah dan peminatannya belajar geografi.
Sangat
mencengangkan, hanya beberapa siswa yang mengerjakan, padahal soal-soal
tersebut tergolong muda dan pilihan jawabannya ada pada LKS tersebut.
Ini yang terjadi pada siswa saya di kelas yang berada di kelas ujung.
Yang mengherankan saya adalah mengapa siswa ini banyak yang mengabaikan
intruksi yang saya sampaikan pada saat awal pemberian tugas ini. Saya
sampaikan kepada siswa untuk mengerjakan soal-soal ini dan dikumpulkan
sewaktu-waktu saya minta. Tujuan saya melakukannya untuk menilai
kesiapan siswa dalam mengerjakan dan peminatan belajar geografi.
Ternyata banyak siswa yang tidak mengerjakan. Apakah ini saya salah
melakukannya atau salah menyampaikannya. Atau benar siswa telah
mengabaikan perintah saya sebagai guru agar lebih cepat memahami
kompetensinya.
Atau bahkan siswa banyak yang berharap jawaban dari
teman-temannya yang mengerjakan? Karena ini LKS, jadi siswa mempunyai
kesempatan dan peluang untuk mencontek atau memberikan peluang untuk
saling bekerjasama. Namun banyak siswa yang tidak mengerjakan, apalagi
siswa yang tergolong memiliki keterlabatan dalam belajar. Semoga saya
menjadi guru yang tidak diabaikan siswa. Berharap jawaban yang
dilakukan mencontek bagi siswa tidak dilakukan. Semoga saya menjadi guru
yang berusaha melakukan yang terbaik untuk siswaku