Sabtu, 12 Oktober 2013

MENGABAIKAN ATAU BERHARAP

Sirene berbunyi, menandakan siswa dan guru dapat memulai kegiatan belajar pembelajaran yang dimulai pada jam 07.30 WIB. Guru-guru mulai berjalan perlahan memasuki ruang belajar dan siswa masih sebagian duduk-duduk di depan kelas dan ada siswa yang siap untuk belajar menunggu kehadirannya di dalam kelas. Begitu juga saya yang memasuki ruang belajar di kelas X (sepuluh) yang berada di kelas paling belakang dan ujung dari segala sisi areal sekolah ini.
IMG_20130927_101953Ketika memasuki ruangan, siswa sebagian keluar dan meminta ijin membeli kertas double folio, padahal setiap kali ulangan saya tidak menggunakan kerta double folio melainkan kertas yang ada pada siswa. Karena ulangan hari ini saya buat berbeda dari tahun pelajaran sebelumnya yang biasanya menggunakan kertas HVS yang berisi soal-soal pilihan berganda. Saat ini saya berlakukan ulangan hariannya berbentuk uraian karena dari ingin melihat tingkat ketercapaian dalam belajar siswa untuk SK/KD pertama. Sebelum melakukan ulangan harian, maka pemeriksaan jawaban siswa di LKS dilakukan secara bersama-sama guru dan siswa untuk mengetahui pemahamannya apakah benar atau salah yang dijawabnya sehingga dapat memunculkan diskusi kecil di ruang kelas.
Saat pemeriksaan, terdapat siswa yang tidak membawa persyaratan ketika belajar dengan saya, yaitu membawa stabilo untuk menyelesaikan pilihan jawabannya dengan stabilo. Ini digunakan untuk mengingatkan siswa untuk teliti dan mudah diperiksa karena stabilo berwarna sehingga mudah didapatkan jawabannya saat diperiksa. Namun beberapa siswa tidak melakukannya saat menyelesaikan soal-soal tersebut. Selain itu juga banyak siswa yang tidak menyelesaikan pekerjaan rumah ini, padahal saya berikan saat LKS ini pertama sekali dibagikan sekitar 5 minggu lalu. Saya akan meminta siswa mengumpulkan LKS dan pemeriksaan dilakukan langsung di tempat agar dapat menilai siswa yang benar-benar mengerjakan di luar jam sekolah dan peminatannya belajar geografi.
Sangat mencengangkan, hanya beberapa siswa yang mengerjakan, padahal soal-soal tersebut tergolong muda dan pilihan jawabannya ada pada LKS tersebut. Ini yang terjadi pada siswa saya di kelas yang berada di kelas ujung. Yang mengherankan saya adalah mengapa siswa ini banyak yang mengabaikan intruksi yang saya sampaikan pada saat awal pemberian tugas ini. Saya sampaikan kepada siswa untuk mengerjakan soal-soal ini dan dikumpulkan sewaktu-waktu saya minta. Tujuan saya melakukannya untuk menilai kesiapan siswa dalam mengerjakan dan peminatan belajar geografi. Ternyata banyak siswa yang tidak mengerjakan. Apakah ini saya salah melakukannya atau salah menyampaikannya. Atau benar siswa telah mengabaikan perintah saya sebagai guru agar lebih cepat memahami kompetensinya.
Atau bahkan siswa banyak yang berharap jawaban dari teman-temannya yang mengerjakan? Karena ini LKS, jadi siswa mempunyai kesempatan dan peluang untuk mencontek atau memberikan peluang untuk saling bekerjasama. Namun banyak siswa yang tidak mengerjakan, apalagi siswa yang tergolong memiliki keterlabatan dalam belajar. Semoga saya menjadi guru yang  tidak diabaikan siswa. Berharap jawaban yang dilakukan mencontek bagi siswa tidak dilakukan. Semoga saya menjadi guru yang berusaha melakukan yang terbaik untuk siswaku