Rabu, 25 Maret 2015

PEMENANG LOMBA CERDAS CERMAT BMKG WILAYAH I MEDAN TAHUN 2015



Sumber: http://www.bmkg.go.id/
Lomba cerdas cermat BMKG Wilayah I Medan yang diselenggarakan pada 18-20 Maret 2015 dalam rangka Peringatan Hari Meteorologi Dunia ke 65 yang berasal dari SMA/K/MA se Sumatera Utara. Tema untuk tahun ini yaitu “Climate Knowlodge For Climate Action”. Setiap tim berjumlah 3 siswa sebagai tim inti dan 1 sebagai cadangannya dalam kompetisi ini. Siswa yang dapat mengikuti yaitu yaitu kelas X dan XI. Penyelenggaraaan ini bersamaan dengan Olimpiade Sains Propinsi (OSP) SMA yang diselenggarakan secara serentak se Indonesia. Dengan bersamaan penyelenggaraan ini sebagian sekolah tidak dapat mengirimkan delegasinya.

Penyelenggaraan yang ke 4 sedikit berbeda dari tahun sebelumnya karena pesertanya melebihi kuota yang ada. Peningkatan dapat dipengaruhi karena minat/motivasi guru/siswa dan juga karena publikasi kegiatan lebih mudah untuk di dapatkan bagi peserta yang akan mengikuti. Itulah bentuk usaha dan kerjasama yang dilakukan panitia dari berbagai evaluasi yang ada. Untuk tahun 2015, tim yang mendaftar ada 45 tim, sehingga diseleksi dengan ujian tulis untuk mencari 27 tim terbaik untuk mengikuti cerdas cermat tersebut dengan pola 3 tim yang akan bertanding pada setiap tahapannya dan 3 babak yang dilakukan. Babak I (Wajib), Babak II (Lemparan), Babak III (Rebutan).

Pada awal penyelenggaraan, banyak sekolah dapat mengirimkan 1 tim bahkan ada yang mengirimkan 2-3 tim setiap sekolahnya. Pada tahun 2014 dan 2015 sekolah hanya dapat mengirimkan 1 tim saja dan bahkan sampai melebih kuota yang ada. Itu merupakan pencapaian luar biasa bagi penyelenggaraan lomba cerdas cermat ini karena sangat berhubungan dengan mata pelajaran geografi. Oleh karena itu siswa/i yang dikirim merupakan binaan guru-guru yang mengajarkan mata pelajaran geografi di sekolah-sekolah. Disinilah ajang yang menarik bagi guru dan siswa selain mengikuti komptisi olimpiade sains yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang bersifat berjenjang dari Kabupaten/Kota, Propinsi, Nasional dan Internasional. 
Pemenang dari lomba ini mendapatkan hadiah berupa tropy, sertifikat dan uang pembinaan yang dapat dikatakan begitu besar karena kesesuaian dan tingkat kesulitan dalam pembinaan yang dilakukan di sekolah-sekolah. Semoga kompetisi ini dapat berlanjut dan memiliki jenjang sampai ke nasional seperti pada kompetisi yang lainnya.
Berikut Pemenang Tahun 2012-2015 yaitu:
Tahun 2015
1. SMA Harapan Mandiri Medan
2. SMAI Ulu Nuha Medan
3. SMA Negeri 1 Matauli Pandan Sibolga

Tahun 2014
1. SMA Negeri 1 Soposurung Tobasa
2. SMA Negeri 1 Medan
3. SMA Harapan Mandiri

Tahun 2013
1. SMA Negeri Cahaya Medan
2. SMA Negeri 1 Medan

Tahun 2012
1. SMA Negeri 1 Medan
2. SMA Methodits 2 Medan
3. SMA Negeri 14 Medan