Jumat, 19 Oktober 2012

MENJADI JUARA MENULIS ARTIKEL BLOGGER

Doc. Pribadi (Stadion USU, 18 Oktober 2012)

Pada kegiatan Gelar IPTEK Sumatera Utara Tahun 2012 yang didukung oleh Science For All tanggal 16-18 Oktober 2012 terdapat stand pameran dari komunias blogger sumut. Wau, hari pertama mereka belum ada pengumuman lomba tersebut, namun ketika hari kedua saat mengunjungi stand mereka karena ada yang mau dikonsultasikan, terbaca di tampilan layar laptop yang ada di stand tertulis lomba artikel minimal 400 kata tentang Angan-angan IPTEK Sumatera Utara. 

Walau menarik namun kurang peduli sedikit karena ada yang harus saya konsultasikan sama mereka karena ada masalah sama blog saya. Karena laptop ini tidak ada baterainya, maka meminta arus listrik untuk laptop ini. Ini dilakukan karena mau membuka file bahan cara membuat roket air yang saya minta dari Pak Haji begitu panggilannya (Drs. Adlin/Guru SMP Harapan 2 dan SMA Harapan 1 Medan) karena beliau guru fisika dan berjumpa pada workshop guru science. Namun filenya tak bisa di buka di flashdisk yang akan dipindahkan. Siswa-siswa (denis, bella, afif, dian, rere) banyak bertanya tentang lomba tersebut, dan terdengar menarik juga ni. he.he

Selanjutnya sampai dirumah tidak jadi mengerjakan karena tertidur, dan pagi harinya dikerjakan dan melihat link-link yang harus dibuat serta syarat-syaratnya dari file PPt nya diberikan saat mengujungi stand mereka. Melihat pesertanya baru 1 (denis/siswa SMA Negeri 15 Medan) dan waktunya terbatas sampai jam 10 maka peluang untuk menang besar juga walau lawannya siswa didik sendiri dan hadianya juga tak begitu besar.

Ketika menulis, ketik dengan kata-kata yang masih acak-acak dan judulnya berganti untuk menyesuaikan, maka setelah diketik di upload ke blog. Menglink kan lagi ke http://bloggersumut.net jika ada kata Sumatera Utara dan http://www.teknonesia.com jika ada kata teknologi. Lihat jam sudah tak terkejar lagi ni, yakin terlambat datang padahal janji sama siswa datang cepat sebelum jam 7. Megajar tidak masuk di SMA Harapan 1 Medan di kelas X demi mengerjai lomba dan mendampingi siswa. Istri menyuruh sarapan padahal artikel belum siap. Terasa tertekan kali dan begitu sempit waktu ini untuk menulis artikel. Padahal sedikit kata yang dibutuhkan dan hanya 400 kata atau sekitar 1 lembar. 

Ketika sampai di Stadion USU berjumpa sama siswa bahwa pesertanya masih 2 dan kemungkinan yang juara adalah Denis. Kenapa demikian saya sampaikan kepada denis dan siswa lainnya, melihat tulisannya menarik dilhat dari judulnya. Saya yakin denis yang menang dibandingkan dengan artikel saya yang sedikit tidak nyambung dan berbelit-belit. Hal ini terjadi karena yang penting berpartisipasi. 

Ketika penutupan kegiatan, saya bersama afif setia menunggu pengumuman juara karena akan diumumkan pada penutupan. Tapi ketika panitia dan dewan juri mengumumkan hanya untuk kegiatan inovasi IPTEK dan lomba roket air saja, maka heran saya kenapa belum diumumkan juga. Ketika mau bertanya ke penyelenggara artikel segan. Saat Afif bertanya, kenapa tak ditanya langsung aja pak ke mereka, siapa yang juara, dan saya katakan itu etika, jadi tak boleh bertanya. Sampai hampir selesai acara penutupan saya dan afif pulang melintas di depan stan dan pura-pura tidak melihat. Karena saya yakin Denis yang juara dan mendapatkan kaos dan domain gratis dari mereka. Tapi ya udahlah. Belum rezeki, kalaupun juara kan mereka akan beri tahu ke sekolah atau kekami. He.he (mengharap juara).

Ketika di saat malam karena terlelap tidur, saya buka hp dan berisi sms berasal dari nomor denis (isi sms: seh, ayah sofyan menang:D). Penasaran dengan hasil itu, saya buka laptop, hidupkan modem dan lihat di blog, email, twitter, ternyata menang. Alhamdulillah dan tapi sembari berfikir kenapa bukan denis yang menang ya. Di twitter mereka minta email dan saya balas isi twitternya dengan mengetik email dan nomor HP.

Tapi apa ya sebenarnya hadianya karena saya mimpi hadianya printer. Tapi dengar kata denis disiang bahwa hadianya baju, tapi lumayanlah ini pertanda baik bagi saya dan yang lainnya. Semoga bermanfaat dan semakin amanah. Terima kasih kepada panitia komuniat blogger dan teknonesia. Amin.