Selasa, 30 Maret 2010

Fakultas Geografi dan University of Cologne Jalin Joint Fieldwork

Fakultas Geografi dan University of Cologne Jalin Joint Fieldwork

Yogyakarta, CyberNews. Fakultas Geografi UGM menjajaki hubungan kerjasama strategis dengan University of Cologne Germany dalam kajian Urbanization and Megacities. Salah satu bentuk realisasi kerja sama tersebut dalam bentuk ''joint fieldwork'' dengan mahasiswa program master Pengelolaan Pesisir dan Daerah Aliran Sungai (MPPDAS) Fakultas Geografi UGM di Jakarta.
Kepala Unit Kerja Sama Internasional Fakultas Geografi Dr Danang Sri Hadmoko MSc menuturkan, Fakultas Geografi UGM telah menjalin kerja sama dengan Department of Geography University of Cologne Germany sejak Tahun 2005.
Bentuk kerja sama tersebut antara lain pendidikan pada level master dan doktor yang direalisasikan dalam program ''joint education'' untuk program master, ''summer school'', ''sandwich programme'' untuk level pendidikan doktor serta ''guest lecture''.
"Adapun kegiatan ''joint fieldwork'' difokuskan pada studi banjir perkotaan, manajemen persampahan dan penanganan kebutuhan air bersih," ujarnya di kampus UGM.
Selain kegiatan ''joint fieldwork'', delegasi dari University of Cologne Germany Prof Dr Frauke Kraas dari Department of Geography juga menyampaikan kuliah umum di Pascasarjana UGM, yang diikuti lebih dari 78 peserta dari dosen maupun mahasiswa S1, S2 dan S3 baik dari lingkungan UGM maupun dari luar UGM.
Tema yang menjadi fokus dalam kegiatan itu, yang dibuka oleh Prof Dr Suratman MSc Dekan Fakultas Geografi UGM, adalah ''urban geography'' terutama ''Urbanisation and egacities in Indonesia and South-East Asia''.
"Tema itu menjadi sangat penting sejak urbanisasi menjadi isu global terutama pada daerah-daerah megacities," tambahnya.

http://suaramerdeka.com/v1/index.php/read/news/2010/03/28/50344/Fakultas-Geografi-dan-University-of-Cologne-Jalin-Joint-Fieldwork Selasa, 30 Maret 2010