A. Teori
I. Hukum Kepler dan Gravitasi Nowton
1. Dapat menjelaskan tentang bentuk orbit dan gerak benda langit dalam orbit
2. Hubungan periode orbit dan jarak benda langit terhadap titik pusat massa.
3. Dapat menjelaskan tentang gerak benda langit melalui interaksi gaya tarik menarik Newton
4. Dapat menjelaskan tentang hukum kekekalan energi
5. Dapat menurunkan gaya pasang surut dan keterkaitannya dengan fase bulan (misalnya bulan purnama, bulan mati dsb)
6. Bisa mengaplikasikan hukum Neton pada gerak dan lintasan planet, asteroid, komet dan satelit buatan
7. Memahami masalah tiga benda terbatas dan fenomena keberadaan titik
8. Lagrange dan deskripsi permasalahannya
II. Konsep dasar segitiga bola dan Tata Koordinat Astronomi
1. Mengenal persaratan segitiga pada permukaan bola (segitiga bola)
2. Dapat membedakan persaratan segitiga bidang datar dan segitiga bola.
3. Mengenal konsep bola langit, lingkaran besar, lingkaran kecil
4. Mengenal sistem koordinat geografis dalam bola Bumi (lintang dan bujur sebuah tempat)
5. Dapat menjelaskan secara kualitatif sistem koordinat horizontal ( defenisi horizon, tinggi, azimuth, titik Utara, Timur, Selatan dan Barat , titik terbit dan terbenam dsb)
6. Dapat menjelaskan secara kualitatif sistem koordinat equatorial (defenisi ekuator langit, asensiorekta, deklinasi, titik kutub langit, titik Aries dsb)
7. Dapat menjelaskan secara kualitatif sistem koordinat ekliptika ( defenisi ekliptika, bujur dan lintang ekliptika, titik kutub ekliptika, titik Aries dsb
III. Sistem Waktu
1. Dapat memahami dan mengerti konsep waktu matahari (waktu surya)
2. Dapat memahami dan mengerti konsep waktu bintang (waktu sideris)
3. Dapat memahami dan mengerti konsep waktu standard (waktu lokal)
4. Damat memahami sistem kalender (kalendar Yinani dan Romawai Kuno, kalender, kalender Gregorian dan kalender Hijriah)
IV. Matahari dan Tatasurya
1. Dapat menjelaskan alasan matahari menjadi pusat gaya sentral anggota tata surya
3. Dapat menjelaskan Matahari sebagai sumber energi radiasi dalam tatasurya
3. Dapat menjelaskan secara kualitatif teori pembentukan tatasurya (Misalnya
4. teori Laplace dan Kant dsb
5. Mengenal fisik komponen anggota tatasurya (Planet, Komet, Asteroid,
6. Meteor, Materi antar Planet)
7. Memahami susunan dan pergerakan anggota tatasurya
8. Memahami sistem Bumi-Bulan (periode sinodis dan sideris Bulan, fase-fase
9. Bulan, proses gerhana Bulan dan Matahari)
10. Memahami fenomena alam bersifat astronomis (aurora, hujan meteor, dll)
V. Hukum Radiasi,
1. Memahami hukum-hukum Pancaran (Teori Benda Hitam, Fungsi Planck, Hukum Wien) dan mengenal besaran-besaran jumlah energi seperti intensitas
2. spesifik, fluks dan luminositas.
3. Menerapkan hukum-hukum pancaran pada bintang dan benda langit lainnya.
4. Dapat menjelaskan pengaruh jarak terhadap kuat cahaya
VI. Besaran Dasar dan mendasar dalam Astronomi dan Astrofisika
1. Memahami penentuan besaran fisis dan geometri (massa, temperatur, luminositas, radius, jarak) Matahari
2. Memahami konsep penentuan jarak dan radius bintang
VII. Fotometri Bintang
1. Memahami penentuan skala terang bintang (sistem magnitudo)
2. Hubungan magnitudo dan jarak bintang (Hukum Pogson)
3. Memahami penentuan indeks warna bintang dan hubungannya dengan temperatur permukaan bintang
4. Memahami hubungan antara luminositas dengan temperatur/indeks warna bintang (Diagram Hertzprung-Russel)
5. Memahami masalah magnitudo bolometrik dan koreksi bolometrik
6. Memahami konsep pemerahan bintang oleh materi antar bintang
VIII. Spektroskopi Bintang dan Gerak Bintang
1. Memahami konsep pembentukan spektrum
2. Memahami konsep pembentukan spektrum bintang
3. Memahami konsep pengklasifikasian spektrum dan luminositas bintang
4. Menentukan gerak bintang berdasarkan pergeseran garis spektrumnnya (efek Doppler)
5. Memahami konsep gerak diri (proper motion) dan hubungannya dengan gerak tangensial bintang
7. Diagram HR berdasarkan kelas spektrum dan luminositas
IX. Evolusi Bintang
1. Memahami atmosfer dan struktur dalamnya bintang
2. Mengenal teori pembangkit energi dalam bintang
3. Memahami dan mengerti proses evolusi awal bintang (kelahiran bintang)
4. Memahami dan mengerti proses evolusi di deret utama
5. Memahami dan mengerti proses evolusi setelah deret utama
6. Akhir riwayat sebuah bintang (katai putih, supernova, bintang neutron, lubang hitam)
X. Galaksi Bimasakti dan Ektragalaksi
1. Dapat menjelaskan kedudukan dan gerak matahari di dalam galaksi Bima Sakti.
2. Mengenal struktur galaksi (Piringan/Disk, Bulge, Halo, Lengan Spiral dsb)
3. Mengenal komponen galaksi (materi antar bintang, bintang muda, bintang tua, populasi bintang, dsb)
5. Memahami gerak rotasi dan penentuan massa galaksi
6. Dapat menjelaskan ragam galaksi (spiral, eliptikal dan iregular)
IX. Kosmologi
1. Pengenalan dan motivasi studi alam semesta secara keseluruhan dan evolusinya
2. Memahami penentuan harga parameter-parameter kosmologi via estimasijarak, estimasi konstituen alam semesta, estimasi umur alam semesta, dll.
3. Mengenal metode uji model kosmologi (seperti penentuan umur alam semesta yang tak bergantung model, dll), dan juga permasalahan dalam model kosmologi standar serta ide-ide penyelesaiannya (misal: skenario inflasi).
4. Memberikan gambaran besar tentang proses evolusi struktur skala besar.
5. Dapat menjelaskan asal mula terbentuknya jagad raya berdasarkan teori Big Bang.
B. Praktek
I. Pengamatan dengan Mata Bugil
a. Mengenal Rasi Bintang
b. Mengenal Bintang Terang
c. Mengenal Planet Tampak
d. Mengenal Ekliptika dan kutub Ekliptika
e. Mengenal Ekuator Galaksi Bimasakti,
f. Mengenal Ekuator Langit
II. Pengamatan Virtual (dalam hal cuaca tidak memungkinkan untuk pengamatan langsung)
a. Menganal Rasi Bintang
b. Mengenal Bintang Terang
c. Mengenal Planet Tampak
d. Mengenal Ekliptika dan kutub Ekliptika
e. Mengenal Ekuator Galaksi Bimasakti,
f. Mengenal Ekuator Langit
Pengamatan dengan Teleskop dan detektor Astronomi
a. Mengenal komponen-komponen teleskop dan detektornya
b. Menjalankan dan mengarahkan teleskop
c. Merekam dan mengolah data/citra
d. Mengenal cara menganalisis data
Medan, Januari 2010
Tim Pembina Olimpiade Astronomi
SMA Harapan 1 Medan
Ketua,
Sofyanto, S.Pd
KUNJUNGAN
Formulir Kontak
Jumat, 19 Februari 2010
P I L I H A N
TERFAVORIT
-
LATIHAN SOAL-JAWABAN PETA TAHUN 2009 1. Peta merupakan sebagai alat penting dalam geografi karena mempunyai beberapa fungsi kecuali …. ...
-
1. Berdasarkan istilah geografi berasal dari bahasa Yunani yang berarti ….. a. Gambaran kehidupan di bumi b. Ilmu yang mempelajarai bumi ...
-
Suara handphone berbunyi dan dilihat dilayarnya, dengan nama PMustika menghubungi saya pada pukul 20.08 WIB. Dengan nada suara kecilnya, ...
-
Sumber: psma.kemdikbbud.go.id MATERI-MATERI MATA PELAJARAN DAN OLIMPIADE GEOGRAFI, KEBUMIAN DAN ASTRONOMI GEOLOGI DAN GEOMO...
-
Soal Prediksi Geografi UMB/SNMPTN/UM UGM/SIMAK UI 2010 SPMB 2002 1. Peta yang berskala 1:200.000 diperbesar menjadi 4 kali, maka skala p...
-
Pernahkah mengalami kesulitan dalam menerapkan pembelajaran geografi di kelas X, XI dan XII. Jika pernah mengalaminya, materi apakah yang...
-
SOAL, JAWABAN, MATERI OLIMPIADE SAINS BIDANG GEOGRAFI KISI-KISI SOAL OLIMPIADE SAINS GEOGRAFI TINGKAT KABUPATEN/KOTA ...
-
1. Wilayah Formal Yang dimaksud wilayah formal menurut Wardiyatmoko , yaitu wilayah yang bercirikan dengan asosiasi areal yang d...
-
SOAL PREDIKSI UMB/SNMPTN SPMB 2002 1. Peta yang berskala 1:200.000 diperbesar menjadi 4 kali, maka skala peta tersebut menjadi a. 1 : 800...
-
Setelah suatu kenampakan Bumi terproyeksi pada bidang datar, maka satu tahap pemetaan sudah dilaksanakan. Masih ada beberapa hal lagi yang ...