Kamis, 20 Maret 2014

SISWA GALAU MEMILIH PROGRAM STUDI SNMPTN UNDANGAN


Siswa SMA/SMK/MA dan sederajat sudah disibukan dengan kegiatan persiapan Ujian Nasional sebagai penilaian akhir di tingkatnya. Sebelum kegiatan tersebut, siswa disibukan dengan pilihan program studi untuk kuliah di Perguruan Tinggi Negeri. Siswa semakin galau karena tidak memahami mau kemana setelah menyelesaikan studinya di tingkat SMA/SMK/MA. 

Untuk pemilihannya, siswa datang untuk berkonsultasi ke wali kelas XII, guru BP,  wakil kepala sekolah, tentor bimbingan belajarnya, orang tua bahkan guru favoritnya di sekolahnya. Konsultasi terkadang siswa tidak mendapatkan keinginannya karena tidak sesuai apa yang ada difikiran dan hatinya. 

Kegalauan ini banyak terjadi, bukan saja di sekolah di daerah pedalaman, bahkan sekolah yang dianggap favorit di perkotaan. Siswa mengalami kegalauan sangat mendasar, bakan pengalaman yang ada pada tahun sebelumnya, siswa memilih program studi yang selama ini tidak ada dalam fikirannya atau bukan kesimpulan dari konsultasi yang dilakukannya.

Ini terjadi karena tidak kesiapan psikologis yang terjadi pada siswa dalam pengambilan keputusan dalam hidupnya. Menyikapi permasalahan tersebut, maka siswa harus disiapkan untuk pemilihan program studi di perkuliahannya tidak dilakukan di kelas XII, namun dilakukan semenjak sekolah. Dengan demikian siswa dapat dibimbing dan diarahkan oleh orang tua dan guru untuk meraih mimpi dalam kehidupannya. Kegiatan pembimbingan tidak bisa dilakukan hanya dalam beberapa kali saja, namun harus berkelanjutan untuk melihat perkembangan yang ada. 

Pada usia ini, siswa pada usia 15-19 tahun merupakan proses pencarian jati diri, maka diperlukan pendampingan secara terus menerus. Disinilah siswa akan mendapatkan pilihan yang sesuai dengan bakat, minat, bahkan mimpinya dalam meraih cita-cita. Kegalauan akan hilang sehingga dapat frustasi jika gagal tidak akan berpengaruh pada perkembangan kejiwaannya.

Pilihlah progam studi yang sesuai dengan kata hati dan mimpinya dari hasil berbagai pertimbangan yang ada. Persaingan didalam kelas selalu ada, apalagi sesama siswa di sekolah tersebut, bahkan dengan sekoah lain. Pilihlah program studi yang yang memiliki peluang untuk menjadikan pribadi-pribadi siswa ini akan menjadi dewasa dalam menjalani kehidupan yang masih panjang ini. 

Film India "3 Idiot" akan dapat menjadikan inspirasi bagi kita semua terutama orang tua, guru serta siswa dalam mimilih program studi pada SNMPTN Undangan tahun 2014. Sukses untuk kita semua.