Minggu, 31 Maret 2013

SMA Negeri 15 Medan Juara III Lomba Cerdas Cermat BMKG Wilayah I Medan

Persiapan terus dilakukan setelah menerima informasi bahwa akan dilaksankana Lomba Cerdas Cermat BMKG Wilayah I Medan yang kedua kalinya. Latihan terus dilakukan dengan seleksi sebagian dari anggota KIR SMA Negeri 15 Medan dan siswa yang memiliki potensi untuk dibina menjadi juara. Persiapan dilakukan dengan intensitas latihan 2 kali dalam seminggu hari Rabu dan Jum'at. Rencana awal hanya 2 tim yang dikirimkan dan ada informasi bahwa disuruh mengirimkan 3 tim untuk mengikuti kegitiatan ini. Bergerak cepat mencari siswa untuk dibina menjadi juara. 

Pelaksanaan LCC BMKG Wilayah I Medan ini dilaksankan pada 20-21 Maret 2013 di Kantor Balai Jalan Ngumban Surbakti No. 15 Sempakata Medan. Kegiatan ini dilangsungkan dalam rangka bagian dari Peringatan Hari Meteorologi Dunia yang jatuh pada tanggal 23 Maret yang ke 63.

Bahan terus dicari untuk materi lomba dari berbagai refensi. Dikirim melalui email, di print agar siswa menguasai materi lomba. Karena persaingan sangat ketat dari beberapa sekolah yang sudah terdaftar. Ada juara tahun lalu SMA Negeri 1 Medan dan SMA Methodist 2 dan sekolah lainnya. Prediksi awal itu yang berpotensi menjadi juara namun di perjalanan lomba SMA Methodits 2 harus kalah di babak penyisihan oleh SMA Ignatius. SMA Cahaya yang mengirimkan 2 tim memberikan pengalaman sama pada tim SMA Negeri 15 Medan untuk bertanding karena pada tahun sebelumnya sudah kalah di babak penyisihan dan semi final. Saat ini di Final harus bersaing dengan SMA Cahaya, SMA Negeri 15 Medan dan SMA Negeri 1 Medan. SMA Cahaya tahun ini yang menerima kemenangan menjadi Juara 1 dan Juara bertahan harus puas menjadi Juara 2. Sedangkan SMA Negeri 15 Medan menjadi juara 3. 

Di babak final, dari perolehan nilai SMA Cahaya unggul untuk soal mandiri, dan lontaran namun saling di babak rebutan persaingan semakin ketat. Kejar-kejaran nilai terjadi karena dalam babak ini soalnya begitu sulit dari tahun sebelumnya dan untuk soal hitungan SMA Negeri 1 Medan unggul namun untuk pertanyaan lainnya sedikit kesulitan. 

Perjuangan belum berhenti dan harus berhasil kemudian untuk meraih prestasi yang lebih tinggi. SMA Negeri 15 Medan yang harus puas dengan Juara 3 dan menjadi kebanggan tersendiri, karena saat inilah KIR SMA Negeri 15 Medan mulai bisa berprestasi sejak didirikan pada tanggal 14 Desember 2012. Semoga prestasi-prestasi lainnya dapat menyusul pada kegiatan perlombaan lainnya. Piala, uang pembinaan dan tropy sudah diterima. Semoga ini menjadi motivasi bagi yang lain untuk berprestasi. Amin.