Jumat, 08 Februari 2013

Hebat..SMA N 1 Kebumen Juara I Olgenas 2013

YOGYA (KRjogja.com) - SMA Negeri 1 Kebumen keluar sebagai juara I Olimpiade Geografi Nasional  (Olgenas) VIII tingkat SMA yang diselenggarakan oleh Fakultas Geografi UGM. Juara II MAN Insan Cendekia Serpong dan juara III SMA N 1 Ponorogo. Masing-masing tim mendapat piala dari Kementerian Lingkungan Hidup, Gubernur DIY dan Rektor UGM.

Tim dari SMA N 1 Ponorogo dinyatakan pula sebagai Best Poster, SMA N 1 Rembang sebagai Best Presentation dan SMA Harapan 1 Medan sebagai Best Photo, penghargaan Best Essay diraih SMA N 1. Ketua Panitia Akhmad Darajati, Olgenas 2013 diikuti 117 tim dari seluruh Indonesia. Kompetisi ini berorientasi pada peningkatan daya saing kompetensi siswa.

“Mencakup aspek kognitif, psikomotorik dan afektif, sebagai tolok ukur kesuksesan pembelajaran. Setiap siswa dilatih dan ditantang untuk menghadapi persaingan global. Olgenas di UGM ini memasuki tahun kedelapan. Tidak hanya Indonesia Barat, Indonesia Timur pun banyak mengirimkan perwakilan untuk kompetisi kali ini,” ujar Akhmad Darajati, Selasa (05/02/2013).

Menurutnya, event tahunan Fakultas Geografi UGM ini terdiri dari ujian tulis dan outdoor learning yang dilaksanakan sebelum babak semifinal dan final. Outdoor learning diadakan di kawasan Laboratorium Geospasial Pesisir, Parangtritis, Yogyakarta. Kegiatan dalam Olgenas VIII lomba Ketangkasan Geografi tingkat SMP se Jawa dan Bali, workshop, seminar nasional, expo, kuliah umum.

Seminar nasional mengangkat tema ‘Peran Sains Informasi Geografi dalam Optimalisasi Manajemen Lingkungan dan Mitigasi Bencana di Indonesia’ pembicara dari Badan Informasi Geospasial (BIG), Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DIY dan Pusat Studi Bencana Alam (PSBA) UGM. Tema expo atau pameran ‘Life On Earth: Get Used to Reduce, Reuse, Recycle’.

Lomba Ketangkasan Geografi tingkat SMP, juara I diraih SMP N 115 Jakarta mendapat piala dari Gubernur DIY, juara II SMP N 1 Wonosari mendapat piala dari Rektor UGM dan juara III mendapat piala Dekan Fakultas Geografi UGM diraih SMP N 1 Sanden Bantul. “Diharapkan Olgenas VIII ini mampu memberikan pemahaman dasar pentingnya peran ilmu geografi,” ujar Akhmad. (Asp)

Sumber : http://krjogja.com/read/160878/hebatsma-n-1-kebumen-juara-i-olgenas-2013.kr