Kamis, 18 Oktober 2012

Pembangunan Sumatera Utara melalui TIK




Kehidupan manusia semakin maju tidak terlepas dari dukungan teknologi di dunia. Teknologi akan dapat memberikan pengaruh dalam berbagai segi kehidupan. Misalnya dalam pembangunan gedung maka dalam pelaksanaan dibantu oleh orang-orang profesional di bidang teknik bangunan, arsitektur, teknik sipil dan lain-lainnya. Begitu juga dengan penduduk dunia yang membutuhkan informasi dan komunikasi yang cepat untuk mengenal dan memanfaatkanya sesuai dengan kebutuhan yang ada, maka hal ini didukung dengan perkembangan dibidang ICT (information and Communication Technology). Di bidang Teknologi dan Informasi memiliki peran yang sangat strategis dalam kemajuan di dunia, karena sistem ini akan membantu manusia mendukung aktivitas sehari-hari di tempat kerja, di rumah, sekolah, jalan, restauran dan lain-lain.
Indonesia sebagai penduduk terbesar nomor 4 di dunia merupakan persentase konsumen terbesar untuk Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dan sangat kecil persentase sebagai produsen dari produk-produk yang ada. Bagaimana dengan di Sumatera Utara yang memiliki posisi strategis dari berbagai bidang termasuk di bidang TeknologiInformasi dan Komunikasi. Sumatera Utara masih banyak ketinggalan dalam bidang ini dibandingkan dengan pulau Jawa. Perkembangan yang lambat ini dipicu oleh berbagai faktor. Untuk memacu perkembangan dibidang Teknologi Informasi dan Komunikasi maka beberapa hal yang harus dilakukan untuk mencapai mimpi-mimpi indahnya untuk Sumatera Utara.
Sumatera Utara yang memiliki peran dan lokasi strategis di  segala bidang, perlulah menata diri agar menjadi sentra nya Teknologi Informasi dan Komunikasi di luar pulau Jawa. Hal ini dapat dilakukan dengan berbagai hal seperti:
1.       Membuat pusat-pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk masyarakat Sumatera Utara. Untuk membuat ini maka dibutuhkan kerjasama dari berbagai pihak misalnya dalam pemanfaatan dana dari CRS sebuah perusahaan. Perusahaan di bidang Teknologi Komunikasi juga sudah melakukan kegiatan CRS di bidang pendidikan, kesehatan dan lingkungan namun untuk bidang pengembangan bidang Teknologi Komunikasi masih kecil jumlahnya, sehingga harus dibuat pusat-pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi di beberapa sudut kota/kabupaten agar terjangkau oleh semua pihak
2.       Membuat kegiatan-kegiatan  dibidang Teknologi Informasi dan Komunikasi. Seperti kegiatan Gelar IPTEK Balitbang Sumatera Utara Tahun 2012 sebagai peringatan hari teknologi nasional ini merupakan kegiatan penting namun masih jarang kegiatan sejenis ini dilakukan. Kalaupun ada hanya di beberapa kampus Perguruan Tinggi dan Sekolah. Di sudut-sudut kota juga masih jarang ditemukan kegiatan-kegiatan sejenis ini, oleh karena itu harus dikembangkan lagi
3.       Membuat kegiatan pertemuan dan perlombaan agar lebih memasyarakat. Skala kegiatan ini sangat jauh berbeda dibandingkan di Pulau Jawa. Hal ini bisa terlihat bagaimana minat masyarakat untuk mengikuti pertemuan dan perlombaan sangat sedikit. Dan hanya beberapa saja yang dapat berkompetisi dan menjadi juara. Bahkan Sumatera Utara masih kalah dengan Sumatera Selatan dan Kalimantan untuk perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi
4.       Memasyarakatkan melalui jejaring sosial dan blogger. Media ini sangat untuk untuk meningkatkan peran serta masyarakat dalam mendukung perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi di Sumatera Utara.
Ini akan terwujud dengan kerjasama semua pihak agar memacu untuk memajukan Teknologi Informasi dan Komunikasi di Sumatera Utara agar tidak kalah bersaing. Selain mampu bersaing juga bisa mendukung dalam pembangunan masyarakat yang beradab melalui Teknologi Informasi dan Komunikasi.